cover
Contact Name
Uswatun Hasanah
Contact Email
jrip.rekarta@gmail.com
Phone
+6287763212228
Journal Mail Official
jrip.rekarta@gmail.com
Editorial Address
Pusat Penelitian dan Pengembangan Reka Karya Amerta Jln. Darul Hikmah, Geriya Sehati No. 10, Lombok Barat, NTB
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP)
ISSN : 26555026     EISSN : 26552191     DOI : https://doi.org/10.36765/jrip
Core Subject : Education,
Jurnal Penelitian Intervensi Pendidikan (JRIP) adalah jurnal yang dikelola oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Rekarta Mataram. Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian pada bidang pendidikan yang meliputi (1) hasil penelitian tindakan intervensi kelas, (2) penelitian pengembangan intervensi pendidikan, (3) penelitian implementasi program pendidikan, (4) teknologi pendidikan, dan (5) pendidikan intervensionis lainnya .
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2020): Juli" : 6 Documents clear
IMPLEMENTASI KEGIATAN MENGGUNTING BENTUK GEOMETRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA KELOMPOK A USIA 4-5 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK Habibi
Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP) Vol 2 No 2 (2020): Juli
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengembangan Rekarta Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (367.325 KB) | DOI: 10.36765/jrip.v2i2.236

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motorik halus  melalui kegiatan menggunting bentuk geometri  pada kelompok A usia 4-5 tahun di TK PGRI Bunkate Desa Bunkate tahun ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dimana peneliti sebagai observer dan partisipan. Penelitian ini sebanyak III siklus, pada tiap siklusnya melaksanakan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak RA Jamiatul Mu,min Kelompok A sebanyak 26 orang anak, objek penelitian ini adalah meningkatkan motorik halus melalui kegiatan menggunting bentuk geometri. Hasil pengamatan pada pra tindakan menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus anak terkait dengan menggunting sangat minim, anak terlihat masih kaku dalam menggunakan gunting, anak belum bisa memposisikan gunting pada jari dengan benar. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I perkembangan motorik halus anak terkait dengan menggunting ketuntasan  klasikal hanya mencapai 38%. Pada siklus ke II guru  memperbaiki kekurangan yang ditemukan pada siklus I diantaraya: mengatur posisi duduk anak lebih baik dan teratur, memberikan pemahaman menggunting agar lebih cepat dan mudah, memberikan motivasi dan penghargaan, meningkatkan bimbingan, media gambar dibuat lebih menarik., sehingga tingkat ketuntasan dapat mecapai 58%. Penelitian dilanjutkan pada siklus III, pada siklus ini anak hanya membutuhkan latihan yang kontinyu untuk melenturkan jemarinya dalam menggunting sehingga mencapai tingkat ketuntasan dengan persentase 77% melebihi standar minimal yaitu 75%. Oleh karna itu dapat disimpulkan motorik halus anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan menggunting bentuk geometri pada kelompok A  tahun ajaran 2018/2019
MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGENALAN KATA MELALUI PERMAINAN KARTU GAMBAR DENGAN METODE CANTOL ROUDHOH DI KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK Sahni
Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP) Vol 2 No 2 (2020): Juli
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengembangan Rekarta Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.062 KB) | DOI: 10.36765/jrip.v2i2.237

Abstract

Penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan anak dalam mengenal kata dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengenalan kata melalui permainan kartu gambar menggunakan metode cantol roudhoh di kelompok B TK PGRI Bunkate tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yaitu guru yang berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK PGRI Bunkate Tahun pembelajaran 2017/2018 dengan jumlah anak sebanyak 25 anak. Sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan metode cantol roudhoh untuk meningkatkan kemampuan pengenalan kata melalui permainan kartu gambar di kelompok B TK PGRI Bunkate. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata persentase terhadap kemampuan pengenalan kata pada anak kelompok B TK PGRI Bunkate pada sebelum tindakan mencapai 33% untuk jawaban alternatif ?Ya? dengan kategori ?Rendah?. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dengan penerapan metode Cantol Roudhoh, kemampuan mengenal kata pada anak meningkat menjadi 56% untuk jawaban alternatif ?Ya? dengan kategori ?Sedang?. Adapun setelah dilakukan perbaikan pada siklus II kemampuan mengenal kata pada anak meningkat menjadi 78% untuk jawaban alternatif ?Ya? dengan kategori ?Baik? yang artinya ada peningkatan. Dan dilakukan perbaikan pada siklus III kemampuan mengenal kata pada anak kembali meningkat menjadi 95% untuk jawaban alternatif ?Ya? dengan kategori ?Baik Sekali?. Artinya ada peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan mengenal kata pada anak kelompok B TK PGRI Bunkate.
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS CERITA PENDEK MENGGUNAKAN METODE PENGAJARAN LANGSUNG SISWA KELAS XI SMA Nurinah
Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP) Vol 2 No 2 (2020): Juli
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengembangan Rekarta Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (275.598 KB) | DOI: 10.36765/jrip.v2i2.238

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas XI-MIPA-1 SMA Negeri 1 Pringgarata dengan menggunakan metode pembelajaran langsung  pada materi Menulis Cerpen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiri dari siklus I, siklus II, dan siklus III. Tiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kegiatan guru, dan tes hasil belajar dengan soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar menulis cerpen siswa pa     da tiap siklus. Pada siklus I, pembelajaran siswa belum berjalan dengan baik sehingga hasil belajar siswa masih rendah yaitu 65,22 dengan jumlah siswa yang berhasil sebanyak 10 orang dan nilai katagori aktivitas sangat tinggi 0,00%. Hal ini disebabkan karena guru belum sepenuhnya menguasai model pembelajaran. Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar 75,30 dan nilai katagori aktivitas sangat tinggi siswa meningkat menjadi 0,03%  dan dengan jumlah siswa yang berhasil sebanyak 19 orang. Pada siklus III nilai rata-rata hasil belajar 83,00 dan nilai katagori aktivitas sangat tinggi siswa meningkat menjadi 0,19% dengan jumlah siswa yang berhasil sebanyak 32 orang. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran langsung dapat meningkatkan nilai hasil belajar menulis cerita pendek dan aktivitas siswa di kelas XI-MIPA-1.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI PADA POKOK BAHASAN TRI MURTI MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS II SD Dewa Ketut Wessunawe
Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP) Vol 2 No 2 (2020): Juli
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengembangan Rekarta Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (196.336 KB) | DOI: 10.36765/jrip.v2i2.239

Abstract

Metode dalam proses belajar mengajar merupakan alat untuk mencapai tujuan pembelajaran. Perumusan tujuan dengan sejelas-jelasnya merupakan syarat terpenting sebelum guru menentukan dan memilih metode mengajar yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Pada pokok bahasan Tri Murti siswa kelas II SDN 1 Ubung tahun pelajaran 2018/2019. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 1 Ubung tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan Metode Demonstrasi dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa Kelas II   SDN 1 Ubung  pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti   pokok bahasan Tri Murti tahun pelajaran 2018/2019. Hal tersebut ditunjukan dengan adanya peningkatan hasil belajar setiap siklus penelitian yaitu , pada tahap pra siklus dari 30 siswa kelas II, yang memiliki hasil belajar mencapai nilai KKM 80 sebanyak 7 siswa atau 23% sedangkan  sisanya sebanyak 23 atau 77% orang siswa tidak mencapai KKM 80 atau tidak lulus dengan nilar rata-rata kelas sebesar 74.00.  Selanjutnya pada siklus I hasil belajar siswa menunjukan peningkatan yaitu, dari 30 siswa kelas II sebanyak 20 siswa atau 67% lulus atau mencapai KKM 80, sedangkan sebanyak 10 siswa atau 33% belum mencapai KKM atau tidak lulus dengan nilar rata-rata kelas sebesar 78.16. Pada siklus II sebagai siklus terakhir menunjukan peningkatan yang lebih baik dengan hasil dari 30 siswa kelas II terdapat 26 atau 87% orang siswa lulus atau mencapai KKM 80 sedangkan hanya ada 4 siswa atau 13% orang siswa yang belum lulus atau tidak mencapai KKM 80 dengan nilar rata-rata kelas sebesar 82.83.
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MENGGUNAKAN TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK PADA POKOK BAHASAN LARI ESTAFET SISWA KELAS VI SD Jumatri
Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP) Vol 2 No 2 (2020): Juli
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengembangan Rekarta Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.104 KB) | DOI: 10.36765/jrip.v2i2.240

Abstract

Upaya meningkatkan hasil belajar PJOK pemilihan metode pembelajaran harus dilakukan dengan tepat. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw merupakan salah satu model pembelajaran yang berpusat pada siswa. Pembelajaran kooperatif adalah salah satu bentuk pembelajaran yang berdasarkan faham konstruktivis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PJOK materi Lari Estafet kelas VI SDN 1 Bonjeruk tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian dilaksanakan di kelas VI SDN 1 Bonjeruk. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 1 Bonjeruk tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 25 orang siswa. Berdasarkan data yang diperoleh setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I dan siklus II membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN 1 Bonjeruk tahun pelajaran 2018/2019. Pernyataan ini dapat dibuktikan dengan adanya hasil belajar PJOK dari 25 siswa kelas VI mengalami peningkatan yang signifikan pada setiap seiklusnya. Pada tahap prasiklus dari 25 siswa terdapat 19 siswa atau 76% tidak lulus atau tidak mencapai nilai KKM 75 sedangkan yang lulus sebanyak 6 siswa atau 24% dengan nilai rata-rata sebesar 62.2.  Pada siklus I menunjukan bahwa dari 25 siswa kelas VI  siswa yang lulus atau mencapai nilai KKM 75 sebanyak 14 siswa atau 56% sedangkan yang tidak lulus sebanyak 11 siswa atau 44% dengan nilai rata-rata sebesar 71.6. Selanjutnya pada siklus II menunjukan bahwa dari 25 siswa kelas VI, siswa yang lulus atau mencapai nilai KKM 75 sebanyak 21 siswa atau 84% dan siswa yang tidak lulus atau tidak mencapai nilai KKM 75 sebanyak 4 siswa atau 16% dengan nilai rata-rata sebesar 77.2.
UPAYA PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI BILANGAN PECAHAN SISWA KELAS V SD Akhmad Sahip
Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP) Vol 2 No 2 (2020): Juli
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengembangan Rekarta Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (210.479 KB) | DOI: 10.36765/jrip.v2i2.241

Abstract

Metode pembelajaran kooperatif tipe TGT merupakan metode pembelajaran suatu bentuk pembelajaran yang dikemas dengan proses permainan dan menitikberatkan pada keaktifan siswa, dengan menerapkan TGT proses pembelajaran tidak menjadi monoton, siswa lebih aktiv dan bersemangat dalam belajar serta melatih siswa untuk lebih percaya diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran matematika melalui menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe team games tournament pada pembelajaran matematika materi operasi bilangan pecahan di kelas V SDN 2 Ubung tahun Pelajaran 2018/2019. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pada penelitian ini, subyek penelitiannya adalah siswa kelas V, dengan jumlah siswa 28 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti pada penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT menunjukan terdapat peningkatan pada setiap siklusnya diantaranya adalah pada tahap prasiklus dari 28 siswa kelas V siswa yang tidak mencapai KKM 75 sebanyak 19 siswa (68%) sedangkan yang mencapai KKM 75 atau lulus sebanyak 9 siswa (32%) dengan nilai rata-rata sebesar 63.03, sedangkan pada siklus I mengalami peningkatan yakni dari 28 siswa yang lulus atau mencapai KKM 75 sebanyak 16 siswa (57%), sedangkan yang tidak lulus sebanyak 12 siswa (43%) dengan nilai rata-rata sebesar 68.75, Selanjutnya pada siklus II dengan jumlah siswa 28 orang siswa, yang lulus  sebanyak 25 siswa (89%) sedangkan yang tidak lulus sebanyak 3 orang siswa (11%) dengan nilai rata-rata sebesar 76.96. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode pembelajaran Kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada materi Operasi Bilangan Pecahan siswa kelas V SDN 2 Ubung tahun pelajaran 2018/2019.

Page 1 of 1 | Total Record : 6